Harlah Ansor ke-90, PC GP Ansor Mateng Berbagi Sembako



Agabong.com, Mateng(Sulbar)__Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mamuju Tengah gelar peringatan Hari Lahir (Harlah) Ansor ke-90. 


Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Desa Barakkang, Kecamatan Budong-budong Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Rabu (24/04/24). 


Hadir dalam kegiatan tersebut, Hamka, S.Pd.I., Anggota DPRD Mateng, Kepala Desa Barakkang, K.H. Lalu Ma'arif, Perwakilan Bank BTN Mamuju, tokoh Agama dan masyarakat, serta undangan lainnya.


Acara dirangkaikan dengan pembagian 100 paket sembako masyarakat Desa Barakkang.


Ditemui awak media di lokasi kegiatan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mateng, Muhammad Dinas Faisal, mengatakan bahwa GP Ansor lahir pada 24 April 1934, hari ini Rabu 24 April 2024, organisasi yang diwariskan pada ulama Nahdlatul Ulama (NU) tersebut genap berusia 90 tahun.


Ia melanjutkan bahwa Kemenag Mateng bekerjasama dengan Ansor dan Baznas telah membagikan 100 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu.


"Jadi kegiatan pembagian sembako ini merupakan hasil kemitraan antara Kemenag Mateng, Baznas dan GP Ansor meneruskan kepada mustahik atau kaum duafah di Desa Barakkang," ujar Dinar Faisal, Rabu (24/04/24). 


Ia melanjutkan bahwa kehadiran GP Ansor di Mateng sangat memberikan warna sebagai agenda perubahan di tangah masyarakat.


"Gerakan yang dilakukan sahabat-sahabat Ansor Mamuju Tengah sangat luar biasa dalam rangka pembinaan revitalisasi nilai dan tradisi, termasuk di Desa Barakkang, Kecamatan Bundong-budong ini," ucapnya. 


Ia menuturkan, paham betul bagaimana gerakan Ansor sampai ke pelosok melakukan pembinaan, termasuk pengembangan ekonomi masyarakat.


"Itu telah terlihat, setiap kali saya menghadiri kegiatan atau pertemuan baik di tingkat kecamatan maupun desa di Mateng, itu ada Ansor di situ, saya katakan, Alhamdulillah Ansor telah ada di hati masyarakat," ungkapnya.


Dinar pun mengajak para pemuda, khususnya di Desa Barakkang untuk bergabung dengan Gerakan Pemuda Ansor. Menurutnya Ansor adalah organisasi pilihan yang sudah membuktikan eksistensinya di seluruh daerah di Indonesia.


"Jika bergabung di Ansor dan mengikuti jenjang kekaderan yang ada, maka itu sangat tepat selain menanamkan nilai-nilai keislaman Ahlussunah Wal Jamaah, juga penanaman nilai-nilai kebangsaan, sehingga akan melahirkan generasi seimbang, memiliki wawasan keagamaan dan kebangsaan yang luas sehingga bisa melakukan pembinaan terhadap ummat," pungkasnya.