Siapkan Langkah Proaktif untuk Pemilu 2024, Polres Mateng Galakkan Imbauan Kamtibmas demi Pesta Demokrasi Damai

Agabong.com - Pemilihan Umum Serentak yang akan digelar pada 14 Februari 2024 semakin mendekati, dan Polres Mamuju Tengah (Mateng) telah memastikan segala persiapan untuk suksesnya acara demokrasi tersebut. Dalam upaya mendukung jalannya Pesta Demokrasi yang damai, Satuan Tugas Humas Polres Mateng terus menggalakkan imbauan Kamtibmas.

Dalam pernyataannya, Kapolres menyatakan, "Masyarakat merupakan mitra Kepolisian, peran penting masyarakat sangat dibutuhkan, terutama untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang dan pada saat pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024." Senin (20/11/2023).

Sosialisasi dan imbauan Kamtibmas tidak hanya dilakukan melalui media sosial, tapi juga melalui pertemuan langsung dengan masyarakat seperti kegiatan Jum’at Curhat dan acara kemasyarakatan lainnya. Langkah ini diambil guna memastikan pesan tentang pentingnya Kamtibmas tersebar luas di tengah masyarakat.

Tak hanya berhenti pada tatap muka, Polres Mateng juga memanfaatkan media sosial, brosur, spanduk, baliho, dan leaflet untuk menyebarkan pesan imbauan Kamtibmas menjelang, saat, dan setelah pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, khususnya di Kabupaten Mamuju Tengah.

Sementara itu, Satgas Humas Mateng telah dibentuk dalam operasi mantap brata 2023-2024. Mereka bertugas sebagai penghubung informasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, siap menerima dan menyampaikan informasi terkait keamanan selama pelaksanaan Pemilu.

Kapolres mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kerukunan, meskipun memiliki perbedaan pilihan atau dukungan politik. Keterbukaan untuk bersilaturahmi dan membangun kebersamaan diharapkan dapat menciptakan suasana damai saat Pesta Demokrasi berlangsung.

"Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Mamuju Tengah untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dengan menghindari informasi dan berita yang tidak jelas sumbernya (Hoax), isu sara serta Politik tidak sehat yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan saat pelaksanaan Pemilu 2024 nanti," tutup Kapolres.

Dengan berbagai langkah proaktif yang diambil oleh Polres Mamuju Tengah, diharapkan Pemilu Serentak 2024 dapat berjalan dalam suasana yang aman, damai, sejuk dan kondusif untuk kebaikan bersama.


Humas Polres Mateng